Politeknik Lhokseumawe
Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jurnal BISSOTEK
1412-3800
Indonesia
Lhokseumawe
Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe
2x Setahun
Vol. 6, Nomor. 1, September 2011
Al Mawardi

Dosen sebagai pendidik profesional mempunyai citra yang baik di masyarakat apabila dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa ia layak menjadi panutan atau teladan masyarakat sekelilingnya. Dalam persfektif Islam, dosen adalah bapak ”spiritual” atau pemberi motivasi bagi para peserta didik. Dosen adalah orang yang memberikan santapan kejiwaan dengan ilmu atau pengalaman, membimbing dan meluruskan akhlak para peserta didik. Untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu dan profesionalisme dosen di satu sisi, dan mutu atau kualitas pendidikan di sisi lain, pemerintah bukan hanya diharapkan meningkatkan kualifikasi dan strata pendidikan dosen, tetapi juga hendaknya meningkatkan standar kesejahteraan dosen. Dosen sebagai tenaga profesional, bukan hanya diharapkan memiliki kompetensi personal, tetapi juga kompetensi profesional. Dalam konteks ini, agenda peningkatan kualifikasi pendidikan, penguasaan wawasan akademik (academic atmosfir), dan partisipasi aktif dalam kancah sosio kemasyarakatan adalah merupakan suatu keniscayaan. Berdasarkan latar belakang di atas, peningkatan kompetensi pedagogik dosen di perguruan tinggi adalah suatu keniscayaan. Penelitian ini berjudul “Pengembangan Kompetensi Pedagogik Dosen di jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan kompetensi dosen, hambatan yang dialami dalam peningkatan kompetensi dosen, dan tata cara yang ditempuh untuk meningkatkan kompetensi dosen di jurusan Teknik Sipil. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan dan lapangan. Dalam pengumpulan data, tekhnik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa para dosen di jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe memiliki kompetensi pedagogik yang relatif tinggi. Hal ini diindikasikan dengan kemampuan dosen dalam membuat SAP dan GBPP, kemampuan membuat bahan ajar, kemampuan mengelola kelas dan menguasai materi ajar, serta kemampuan dosen mengevaluasi hasil belajar mahasiswa. Namunpun demikian, dalam upaya pengembangan kompetensi dosen, ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu; kendala internal dan eksternal. Kendala eksternal adalah seperti; kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran, iklim lingkungan belajar yang kurang menyenangkan serta kurangnya tunjangan/honor dalam mengajar

Ribosomes can shift between roles depending on the https://writemypaper4me.org/ polypeptides they are synthesizing
Dosen, Profesi dan Kompetensi Pedagogik
[ Download ]

QA & Monitoring and Evaluation